Mujahid Bin Jabir, Pemimpin Ahli Tafsir Generasi Tabi’in

Mujahid Bin Jabir, Pemimpin Ahli Tafsir Generasi Tabi’in

Posted in Tabi’in | Comments Off

Telah dibaca 19 kali.

Print This Post

Nama, nasab dan kelahiran beliau rahimahullah

Beliau adalah Mujahid bin Jabir al-Makky Abul Hajjad al-Makhzumy al-Muqry, maula as-Saib bin Abi as-Saib. Beliau dilahirkan pada tahun 21 H, pada masa kekhalifahan Umar radhiyallahu ‘anhu.

Dia meriwayatkan dari Ali, Sa’ad bin Abi Waqos, dan dari Abdullah bin Mas’ud, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abas, Abdullah bin Zubair, dia juga meriwayatkan dari rofi’ bin khadij, ‘Aisyah, Umu Salamah Abu Hurairah, Suroqoh bin Malik, dan selain mereka.

Keutamaan beliau rahimahullah

Beliau adalah pemimpin ahli tafsir pada zaman tabi’in, sampai di katakan bahwa beliau adalah orang yang paling mengetahui tentang tafsir pada zamannya. Sungguh dia telah belajar tafsir kepada Ibnu Abbas sebanyak tiga puluh kali, beliau rahimahullah berkata: “Aku telah menyodorkan(meminta tafsir secara rinci -red) kepada Ibnu Abbas sebanyak tiga kali, berhenti di setiap ayat dan aku bertanya tentangnya, kepada siapa di turunkan, dan bagaimana kondisinya?. Ast-Tsauri berkata: “Jika datang tafsir dari Mujahhid maka cukuplah dia bagimu”. Ibnu Taimiyyah berkata: “ Oleh karena itulah Imam asy-Syafi’i, Bukhari, dan selain mereka berdua dari para ulama (manegambil tafsir mujahid -red) sebagai sandaran (rujukan -red)”.

Abu Hatim rahimahullahberkata, “Mujahid tidak mendengar (hadis) dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, hadis yang diriwayatkannya dari ‘Aisyah mursal”. Abu Nu’aim rahimahullah berkata, “(Bahwa -red)Yahyah bin Qothan berkata: “Hadis-Hadis mursal dari Mujahid lebih aku sukai dari pada hadis-hadis mursal yang di riwayatkan oleh ‘Atha”. Qotadah rahimahullahberkata, “Mujahid orang yang paling pandai tentang tafsir diantara orang-orang yang masih hidup”. Ibnu Sa’id rahimahullah berkata, “(Mujahid) adalah orang yang terpercaya, ahli fiqih, pandai, dan banyak meriwayatkan hadis”. Ibnu Hibban berkata, “Mujahid adalah seorang ahli fiqih yang wara’(menjauhkan diri dari yang diharamkan), ahli ibadah, dan mempunyai hafalan yang kuat”. Adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “para ulama bersepakat bahwa (Mujahid adalah) imam (ahli tafsir), yang (perkataannya) di jadikan sebagai dalil,yang mana ‘Abdullah ibnu Katsir belajar padanya”.
Ats-Tsauri rahimahullah berkata, “Jika datang tafsir dari Mujahhid maka cukuplah dia bagimu”. Maknanya bukan setiap apa yang disandarkan kepada Mujahid kita harus mengambilnya, karena Mujahid seperti yang lain dari para perawi, yang mana perkataan banyak dinukil dari mereka. Bisa jadi apa yang dinukil dari beliau adalah dha’if (lemah) yang tidak dapat dipercaya, oleh karena itu harus adanya penelitian tentang kebenaran sanad, dalam hal ini Mujahid seperti Ibnu Abbas terhadap apa yang di nisbatkan kepadanya.

Wafat beliau rahimahullah

Terdapat perbedaan pendapat tentang wafat beliau rahimahullah. Ada yang mengatakan bahwa beliau rahimahullah wafat pada tahun 102 H, ada yang mengatakan 103 H, sementara Yahyah al-Qothon berkata, “wafatnya pada tahun 104 H.

[Sumber: Diterjemahkan dan diposting oleh Sufiyani dengan sedikit penambahan dan pengurangan dari kitab مباحث في علوم القرآن karya Syaikh Manna’ al-Qaththan]

 

Posted on 18 April 2012, in BIOGRAFI - KISAH SAHABAT - ULAMA, TOKOH and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

ARA

Hidup adalah amanah dari Allah Swt.

WordPress.com Apps

Apps for any screen

syiah981

bersama masuk surga

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

SITUSARA situs ara

bersama membentengi akidah ummat

"masjid tanpa warna" MASJID AL-FAJR

Membentengi akidah sesuai Al-Quran dan Hadist

ARA-SILSILAH

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

%d blogger menyukai ini: