PERKUAT TAUHID DI BULAN SUCI

TAUSIYAH RAMADHAN
PERKUAT TAUHID DI BULAN SUCI
Oleh : KH Abdullah Gymnastiar
http://ramadhan.eramuslim.com/perkuat-tauhid-di-bulan-suci/

Bismillahirrohmanirrohim.
Assalamu’alaikum w.w.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِلإِسْلاَمِ، وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللهُ،
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ
وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْ لُهُ ، وَبَعْدُ :

Segala Puji bagi Allah, yang memberi hidayah Islam kepada kita, yang selamanya tak akan mendapat hidayah seandainya Allah tidak memberikan hidayah itu kepada kita.
Dan segala Puji bagi Allah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang kafir benci.

Sholawat serta salam semoga Allah curahkan selalu kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW., kepada keluarga, sahabatnya dan kepada kita serta pengikutnya hingga akhir zaman., Amin Ya Robbal Alamin.

Kita bersyukur kepada Allah atas anugerah-Nya kepada kita pada bulan mulia ini. Bersyukur kepada-Nya bahwa hari ini kita telah menyelesaikan … hari dan saat ini kini kita memasuki hari … dan kita hendaknya tetap berusaha memperbaiki dan meningkatkan/memperbanyak amal ibadah yang disyariatkan untuk dilakukan pada bulan ini.

PERKUAT TAUHID DI BULAN SUCI

Bulan Ramadan bulan ampunan. Saatnya kita meraih ampunan Allah di dalamnya. Untuk itu marilah terlebih dahulu tauhid kita dikuatkan. Istighfar yang kita lakukan hanya karena Allah, apabila tujuannya bukan karena Allah SWT semata, ingin taubatnya dilihat orang misalnya, maka taubatnya dinilai tidak sempurna. Karena lisannya bertaubat, namun hatinya masih karena makhluk. Padahal Allah SWT mengetahui yang tersembunyi di dalam hati.

Sebagaimana firman Allah SWT :
“Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Ilah, melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu.” (QS. Muhammad (47) : 19)

Bulan Ramadan adalah bulan peningkatan ibadah. Pada bulan ini sangat penting bagi kita untuk meningkatkan ibadah, karena memang diperintahkan Allah SWT. Namun jika tauhid tidak menyertainya, maka ibadahnya bisa tidak terima. Shalat tarawih hanya karena malu oleh tetangga, misalnya, maka ia beribadah bukan untuk Allah, masih karena penilaian makhluk.

Untuk bisa mendapat tauhid yang kuat, maka kita harus memiliki kuncinya, yakni, berharap hanya kepada Allah.
Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 129, “…. Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung.”

Mengapa harus berharap kepada Allah, karena Allah yang Maha Kuasa terhadap apa yang terjadi di dunia ini, apapun yang terjadi pada diri kita, itu semua dikehendaki oleh Allah, Allah menghendaki yang menimpa diri kita dengan suatu tujuan, setiap kejadian yang menimpa kita, itulah keputusan terbaik dari-Nya setelah ikhtiar terbaik yang kita lakukan, doa maupun jeritan hati kita didengar oleh Allah karena Dia begitu dekat. Apa pun karunia, sekecil dan sebesar apa pun, Allah-lah yang mengkaruniakannya. Sehat, kelapangan, kecukupan, rejeki, dan kepahitan dan kesengsaraan pun datang dengan ijin Allah dan terdapat hikmah di dalamnya; pasti datang karena kemurahan dan kebaikan Allah. Nelangsa itu karena hati kita yang bergantung kepada selain Allah. Ketika diberi kepahitan ujian, lalu hati kita mulai bersandar kuat kepada Allah, maka akan dirasakan kesadaran bahwa ketika hati tergatung kepada selain Allah, di saat itulah yang membuat hati merasa sakit.

Keyakinan ini harus tertanam kuat di dalam diri kita, agar jangan sampai harapan kita berikan kepada makhluk, misalnya berharap untuk dipuji atas kebaikan-kebaikan kita, atau apa saja yang menjadikan makhluk menjadi tujuan harapan.
Allah SWT berfirman dalam QS. an-Nahl (16) : 53
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.”

Manusia tidak bisa menolong kita kecuali Allah yang menggerakkan. Keyakinan ini penting untuk dimiliki, karena jika tidak dimiliki akan menjadikan tauhid kita rusak. Memang tingkatan ilmu itu berbeda-beda. Allah Maha Mengetahui, namun kita pun dituntut untuk senantiasa meningkatkan keilmuan tauhid ini agar semakin mengenal Allah. Kita harus menyadari betul bahwa Allah lah yang menguasai masalah, dan tentu saja yang akan memberikan jalan keluar. Kita perlu paham bahwa semua takdir kejadian adalah untuk kebaikan kita, karena Allah pasti sayang pada kita. Serahkanlah pada Allah, karena pasti Allah memberikan yang terbaik buat kita

Kita awali dari segala hal untuk mengurus ketauhidan. Dalam bentuk apa pun lepaskan harapan dari makhluk untuk pribadi kita. Berharaplah hanya dari Allah SWT apa yang kita harapkan, karena Allah yang menguasai segala sesuatu dan harapan kita itu. Sehingga yang paling pokok pula saat Ramadan ini, adalah memeriksa tujuan dari amal-amal kita. Karena sehebat apa pun amal tersebut, tetapi kalau niatnya ingin dipuji, maka sudah melenceng dari yang seharusnya. Amalannya akan seperti tanah di atas batu, ketika ditiup angin, tanah itu bisa cepat hilang.

Ayo kita isi bulan suci ini dengan berbagai kebaikan karena semata-mata untuk Allah SWT. Tiap detiknya demikian berharga, bergeraklah terus berbuat kebajikan.

Advertisements

Posted on 26 July 2012, in KAJIAN, LAIN-LAIN, TAUSIYAH. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

ARA

Hidup adalah amanah dari Allah Swt.

WordPress.com Apps

Apps for any screen

syiah981

bersama masuk surga

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

SITUSARA situs ara

bersama membentengi akidah ummat

"masjid tanpa warna" MASJID AL-FAJR

Membentengi akidah sesuai Al-Quran dan Hadist

ARA-SILSILAH

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

%d bloggers like this: