Manfaat Minuman Jahe

 

jaheManfaat Minuman Jahe

http://www.ahmadzain.com/read/penulis/126/manfaat-minuman-jahe/

Siang itu, hari Selasa ketika saya masuk kantor, ternyata di dalam sudah ada seseorang yang tidak asing bagi kami,yaitu salah satu senior kami, tapi hari ini tidak seperti biasanya, mukanya pucat dan kelihatannya lemas… karena memang beliau baru keluar rumah sakit , beberapa hari yang lalu beliau sempat di operasi karena saluran nafasnya terganggu dan pembuluh darahnya tersumbat sehingga kaki dan tangannya tiba-tiba membesar. Dalam operasi tersebut salah satu urat yang ada di kakinya dibedah dan diberi suatu alat yang bisa memperlancar saluran darah  yang selama ini tersumbat dan menyebabkan susah bernafas.

Seperti biasanya pada pagi harinya, saya ada jadwal mengajar fikih kontemporer, dan tidak lupa saya meminta petugas dapur untuk membuatkan minuman jahe hangat. Memang sudah beberapa lama, sejak saya pulang ke Indonesia, saya sering minum jahe hangat setiap saya mengajar. Selain menghangatkan badan, menghilangkan rasa cape, begitu juga bisa membuat tenggorakan nyaman, sehingga memperkuat daya bicara. Sejak dulu, ketika masih belajar di luar negri, saya telah menyakini khasiat jahe terhadap kesehatan, makanya sebelum pulang ke Indonesia, saya di Mesir sempat membeli buku kecil berbahasa Arab yang berjudul   “ ‘Ajaib Zanjabil “ ( Keajaiban Jahe ). Buku tersebut sudah saya baca sekilas, tapi sudah banyak yang lupa isinya.

 

Kebetulan malam harinya yaitu malam Rabu, ketika saya pulang dari mengisi pengajian di Perumnas Jati Asih Bekasi, saya melihat-lihat  rak buku di kamar, tiba-tiba pandangan saya tertuju pada sebuah buku yang saya beli di book fair beberapa bulan yang lalu, yang mungkin belum sempat saya baca, buku tersebut berjudul : “ Meningkatkan Daya Tubuh “ ( Bagaimana Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit )  , karya Dr. Kenneth Cooper. Ketika saya membuka daftar isinya ternyata pada halaman 136 terdapat judul khasiat jahe. Setelah saya buka halamannya, saya mendapatkan keterangan yang sangat erat dengan penyakit yang diderita senior kami, yang saya temui siang hari di kantor. Diantara manfaat jahe adalah :

Pertama : Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir dengan cepat dan lancar, serta memperingan kerja jantung memompa darah.

Kedua : Membantu pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Ketiga : Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegahnya tersumbatnya pembuluh darah penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.

Keempat : Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, ini termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Ini juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil muda yang sering mual dan ada rasa ingin muntah terus.

Kelima : Memperkuat lambung dan membuatnya menjadi aman, Hal itu karena bisa merangsang selaput lender perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe. Selain itu jahe juga bisa meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

Keenam : Jahe mengandung anti oksidan yang membantu mentralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Ketujuh : Membangkitkan gairah dan nafsu makan, karena jahe merangsang kelenjar pencernaan.

Kedelapan : Jahe juga bisa dipakai untuk mengobati batuk, flu, diare, dan penyakit radang sendi tulang.

Kesembilan : Jahe berfungsi juga membersihkan tubuh melalui keringat.

Sebenarnya masih banyak manfaat jahe, tetapi sementara yang ada sudah lebih dari cukup. Dan dari keterangan di atas, ternyata jahe sangat bermanfaat bagi semua kalangan : untuk yang sering mabuk dalam perjalanan, ibu yang hamil muda, ustadz-ustadz yang karena sibuknya sehingga makanannya tidak teratur dan tidak terkontrol, bapak –bapak yang mempunyai kolestrol tinggi, atau mempunyai tekanan darah tinggi, dan yang susah bernafas, bagi teman-teman yang susah buang air dan mengalami masalah pencernaan dan lain-lainnya.

Tulisan ini saya tutup dengan menukil firman Allah yang menerangkan bahwa jahe adalah minuman ahli syurga :

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. “ ( Qs Al Insan (76 ) : 17 )

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

Cipayung, Jakarta Timur, ditulis pada hari Selasa tanggal 20 April 2010, malam hari ketika pulang dari mengisi pengajian dan dilanjutkan pagi harinya.

Posted on 3 Juli 2013, in LAIN-LAIN, MUKJIZAT AL-QUR'AN, SITUSARA and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

Khutbah Jumat Pilihan

bersama membentengi akidah ummat

masjidalfajrblog

DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-FAJR BANDUNG

ARA

Hidup adalah amanah dari Allah Swt.

WordPress.com Apps

Apps for any screen

syiah981

bersama masuk surga

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

KHUTBAH JUMAT PILIHAN

bersama membentengi akidah ummat

SITUSARA situs ara

bersama membentengi akidah ummat

"masjid tanpa warna" MASJID AL-FAJR

Membentengi akidah sesuai Al-Quran dan Hadist

ARA-SILSILAH

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

%d blogger menyukai ini: